Serba-serbi Panahan (Archery)


Panahan adalah keterampilan melepaskan anak panah dari busur.

Pada zaman dahulu, panahan dimanfaatkan untuk berburu dan bertempur. Sedangkan di zaman modern, panahan menjadi olahraga kompetitif dan juga olahraga rekreasi .

Peralatan panahan

Busur (bow)

serbaserbi-panahan1Semua jenis busur panahan pasti terdiri dari seutas tali (string) yang melekat pada bagian melengkung dan elastis yakni busur. Busur yang melengkung dan elastis ini menyimpan energi potensial mekanik yang dapat melesatkan anak panah. Busur ada dua jenis: busur Recurve dan busur Compound. Busur recurve adalah busur yang talinya ditarik lalu dilepas, tanpa bantuan alat katrol. Sedangkan compound adalah busur yang menggunakan mekanisme katrol untuk menahan lalu melepas anak panah.

 

Anak panah

arrows Anak panah terdiri dari batang yang di kedua ujungnya melekat besi panah dan di ujung lainnya terdapat NOCK dan bulu (fletching). Batang anak panah terbuat dari kayu, bambu, fiber, aluminium, serat karbon atau bahan komposit. Batang panah yang terbuat dari kayu sangat mudah rusak. Anak panah yang terbuat dari fiber bersifat rapuh, namun dapat diproduksi massal. Anak panah dari aluminium sangat digemari di paruh kedua abad ke-20 karena anak panah ini lurus, bobotnya lebih ringan dan dapat melesat dengan kecepatan lebih tinggi serta terbang lebih datar. Anak panah karbon menjadi populer pada tahun 1990-an karena bersifat ringan, terbang lebih cepat dan lebih datar daripada panah aluminium. Selain itu ada anak panah yang batangnya terbuat dari bahan campuran. Anak panah ini sangat digemari atlit profesional di ajang Olimpiade karena dapat memberikan hasil yang lebih meyakinkan.

Bulu anak panah (fletching) biasa terbuat dari bulu angsa. Juga ada yang terbuat dari plastik (vane) solid atau plastik berbentuk khusus agar anak panah berputar (spin vanes). Vane dilekatkan dekat ujung belakang dengan menggunakan perekat. Dalam satu anak panah biasa terdapat tiga dengan satu vane berbeda warna.

Tali busur (String)

Dacron adalah salah satu bahan yang digunakan busur modern karena dapat tahan lama dan memiliki kekuatan tinggi untuk melontarkan anak panah. Bahan lain adalah Linen yang masih digunakan pada busur tradisional.

Alat pelindung

peralatan_armguardUmumnya pemanah memakai pengaman lengan (arm-guard) untuk melindungi bagian dalam lengan agar tidak terkena tamparan tali busur (string). Selain itu juga untuk mencegah pakaian tersangkut tali busur .
Jari-jari pemanah ketika menarik tali busur terlindungi oleh potongan kulit (tab) atau sarung tangan.  serbaserbi-panahan3

 

[su_button url=”http://www.sekolahpanahan.com/foto-foto-kegiatan-sekolah-panahan/” size=”5″ center=”yes” desc=”Foto-foto Kegiatan Panahan di Sekolah Panahan “RIMAYA””]Klik di sIni “Foto-foto kegiatan panahan”[/su_button]